Kecemburuan Umar bin Khattab

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Umar bin Khattab merupakan salah satu sahabat Nabi yang termasuk ke dalam Khullafaurrasyidin. Dia juga seorang khalifah setelah Abu Bakar As-Siddiq. Umar terkenal dengan kepribadiannya yang kuat, pemberani, cerdas dan sangat dengan dengan Rasulullah.

Begitu istimewanya kepribadian Umar, hingga Rasulullah SAW secara khusus memohon kepada Allah SWT untuk memasukan salah satu dari dua Umar untuk memeluk Islam, yakni Umar (Abu Jahal) dan Umar bin Khattab.

Doa tersebut dikabulkan oleh Allah dengan masuk Islamnya Umar bin Khattab. Bersyahadatnya Umar membuat Islam menjadi lebih kuat.

Pada sebuah hadist dikisahkan, ada sebuah hadist dikatakan, ada sebuah istana di surga yang diperuntukan khusus kepada Umar bin Khattab. Nabi Bersabda, “Aku ingat akan kecemburuanmu,”

Hadist ini menunjukan Umar cemburu kepada Rasulullah SAW. Tapi yakinlah, kecemburuan Umar bin Khattab kepada Rasulullah membuatnya rajin beribadah kepada Allah. Inilah yang membuat Umar dibuatkan istana di dalam surga.

Berikut petikan hadistnya:

Diriwayatkan dari Jabir ra. Katanya, dari Nabi SAW bersabda: Aku bermimpi masuk ke dalam surga, aku melihat di dalamnya terdapat sebuah istana, maka aku bertanya: untuk siapakah istana ini?Mereka atau malaikat menjawab: untuk Umar bin Khattab. Aku coba masuk, tapi aku teringat akan kecemburuanmu. Setelah mendengar perkara itu, Umar menangis dan berkata: Wahai Rasulullah, adakah aku harus cemburu kepadamu. (HR Bukhari).



Leave a Reply

Waqaf Foundation: for Education & Society Development