Dongkrak Mutu, DPS Lembaga Keuangan Syariah Gelar Forum Tahunan

JAKARTA– Dewan Pengawas Syariah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lembaga Keuangan Syariah menggelar forum tahunan (ijtima samawi). Kegiatan yang berlangsung di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Kamis (08/11) ini diresmikan Ketua Umum non-aktif MUI yang juga Ketua Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI KH Ma’ruf Amin.

Dalam sambutannya, Kia Ma’ruf mengatakan ijtima sanawi merupakan kegiatan rutin DNS setahun sekali. Kegiatan ini bertujuan menguatkan ekonomi syariah melalui penguatan internal DSN dalam hal ini DPS.

“Kita terus melakukan upaya penguatan di dalam menguatkan, kita memulai dari sesuatu yang tidak ada, dari semangat yang kita sebut dengan memasyaratkan ekonomi syariah dan mensyariahkan ekonomi masyarakat, ” kata dia.

Dia mengatakan dua hal inilah yang menjadi tema DSN MUI sekarang ini. Dia juga sempat menyinggung perkembangan perbankan asuransi dan pasar modal yang sudah mencapai 5,85 persen.

Ketua Panitia Ijtima Sanawi 2018, KH.l Salahuddin Al Aiyub menambahkan, ijtima sanawi kali ini dihadiri DPS DSN MUI dan petinggi OJK. Hampir semua anggota DPS dari berbagai bidang hadir dalam acara ini.

Dia mengatakan, ijtima sanawi tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, pada acara ini, akan ada pemaparan fatwa-fatwa terbaru yang dihasilkan MUI. Namun kali ini, pemaparan seperti itu telah dilaksanakan pada kegiatan sebelumnya yaitu pra ijtima sanawi.

Menurut dia, tujuan Ijtima sanawi yaitu meningkatkan kualitas DPS dari dalam. Misalnya merespons permasalahan-permasalahan dengan solusi terbaik.

“DPS akan mencari formula terbaik untuk menyelesaikan masalah terbaik, sehingga tidak terkait masalah fatwa dan sosialisasi,” kata dia sembari berharap masukan peserta soal informasi tentang hal-hal baru untuk menunjang kinerja.

Dia menyebutkan, melalui kegiatan ini diharapkan memperbaiki pangsa pasar ekonomi syariah yang terus-terusan stagnan di angka 5 persen.

“Kita berharap ekonomi syariah yang stagnan di angka 5 persen, bisa merangkak dengan cepat,” kata dia. (Azhar/Nashih)

The post Dongkrak Mutu, DPS Lembaga Keuangan Syariah Gelar Forum Tahunan appeared first on Majelis Ulama Indonesia.



Leave a Reply

Waqaf Foundation: for Education & Society Development