Pramuka Ponpes Darul Funun Pacu Rasa Kebersamaan Santri

Sarilamak, (Inmas)–Pondok Pesantren Darul Funun El Abbasiyah Padang Japang atau yang lebih sering kita sebut dengan Pondok Pesantren DFA semakin menunjukan kreatifitasnya dalam memupuk watak santri. Hal ini terbukti dengan semakin giatnya DFA melaksanakan latihan kepamukaan yang sudah dimulai semenjak ponpes di bawah pimpinan Adia Putra ini melaksanakan Kurikulum 2013. Kegiatan kepramukaan ini merupakan agenda wajib mingguan bagi seluruh santri sebagai kegiatan ekstra kurikuler. Kegiatan kepramukaan dibimbing oleh ustad dan ustadzah DFA yang sudah berpengalaman dalam bidang kepramukaan.

Adia Putra dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa kegiatan kepramukaan ini sangat didukung sepenuhnya seluruh civitas Pondok Pesantren DFA. Kita menyadari dengan kegiatan kepramukaan akan mampu melahirkan santri-santri tangguh. Di samping itu kita mengharapkan santri kita mampu mengambil hikmah bahwa kepramukaan juga mampu melahirkan jiwa-jiwa tangguh dan hebat. Pendidikan dalam kepramukaan bukan sekedar kegiatan hiburan, tapi jauh dari itu kita mengharapkan santri kita memiliki jiwa tangguh lahir dan bathin. Mengedapan akhlak dan peka terhadap sesama, jelas Adia Putra. Putra Guguak ini juga menuturkan bahwa kegiatan kepramukaan ini adalah juga untuk mempersiapkan santri pada even-even yang bisa mereka ikuti dimasa yang akan datang.

Darpepi salah seorang guru pembimbing mengatakan bahwa “kegiatan ini dapat membentuk watak anak dan remaja. Menjadi orang yang ringan tangan menolong siapa pun juga. Darpepi juga berharap kegiatan ini bisa diikuti oleh seluruh santri tiap minggunya. Kita akan buat kegiatan yang bisa melatih fisik dan mental santri dan tidak membuat santri merasa bosan dengan materi yang diberikan. Kedepan kita akan adakan kegiatan yang lebih memacu adrenalin dan kreatifitas santri. Semoga hal itu semua bisa terwujud, harap perempuan enerjik ini.

Latihan pramuka ini dilaksanakan dua kali dalam seminggu (tingkat MTs dan MA) bertempat dihalaman Pondok Pesantren DFA. Para santri terlihat sangat antusias dengan kegiatan ini. Kegiatan kepramukaan di DFA pada saat ini selain kegiatannya berupa materi juga langsung praktek dan permainan.(Debi/Nina)|DW

Sumber: https://sumbar.kemenag.go.id/berita/432225/pramuka-ponpes-darul-funun-pacu-rasa-kebersamaan-santri



Leave a Reply

Waqaf Foundation: for Education & Society Development