Daftar TV dan Program Ramadhan Layak Toton Menurut MUI

Jakarta, – Tim Pemantau TV Ramadhan yang dibentuk MUI mencatat lima televisi yang program-programnya di bulan Ramadhan 2019 ini paling sedikit masalah. Sebagian besar tayangannya sejalan dengan spirit Ramadhan. Kelimanya adalah Metro TV, TVRI, TVOne, Kompas TV, dan RTV.

Tiga TV pertama, Metro TV, TVRI, dan TVOne memperlihatkan konsistensi dalam mewarnai program positif sepanjang 12 tahun pantauan Tim MUI pada program Ramadhan. Sementara Kompas TV, dan RTV dalam dua tahunan terakhir menunjukkan komitmen yang baik untuk memproduksi program yang sejalan spirit Ramadhan. RTV menyajikan Ramadhan khusus untuk segmen anak-anak.

“Metro TV semakin konsisten dalam memaknai bulan Ramadhan. Program-program yang ditayangkan dirancang untuk mengajak pemirsa mengisi bulan Ramadhan dengan hal-hal positif.

Program-programnya bukan hanya sarat ilmu, tetapi juga mengajak pemirsa untuk mengamalkannya dengan penuh hikmah,” kata Iroh Siti Zahroh, anggota Tim Pemantau MUI yang memonitor Metro TV.

Program Ramadhan di Metro TV, antara lain, Dakwah On The Spot, Tafsir Al Mishbah, Khazanah Islam, Cahaya Hati, dan Syiar Anak Negeri.

TVRI menyajikan 17 program Ramadhan kali ini. Dalam sepertiga malam terakhir, ada “Tafsir Al Baqarah”. Diikuti program “Nongkrong Sahur” yang menayangkan sketsa masalah dan kejadian kekinian di masyarakat dan diikuti penjelasan ustadz. Program live shalat tarawih dari Majid Haram Makkah yang telah bertahun-tahun ditayangkan, tetap hadir.

Banyak lagi program menarik TVRI, seperti Puasa Diaspora dan Puasa di Luar Negeri. Ada juga Live the Mosque yang memperkenalkan mesjid bersejarah di berbagai belahan bumi. Untuk program pengembangan bakat, ada Tilawah Cilik dan Qasidah Fest .

Sedangkan beberapa program Ramadhan di TVOne, antara lain: Syiar Ramadhan, Gebyar Ramadhan, Pesona Islam, Indahnya Ramadhan Bersama Ustadz Abdul Somad, Hikmah Al Asmaul Husna, Damai Indonesiaku Spesial Ramadhan 1440 H, dan Jelang Berbuka Bersama Ustadz Abdul Somad.

“TVOne layak dinominasikan sebagai TV terbaik Syiar Ramadhan. Substansinya bagus. Program pagi Ustadz Abdul Somad itu interaktif. Pemirsa diajak berkontemplasi,” paparan Ahmad Baidun, anggota Komisi Pendidikan MUI, yang memantau TVOne.

Di RTV, salah satu program terbaik adalah Qori Indonesia. “Jurinya orang-orang pilihan. Menguasai tilawah. Menyasar anak muda dan lintas profesi,” kata A. Khoirul Anam, pemantau TV ini. “Yang menarik, ada tampilan polisi muda, hafidz. Juga suasana kantor polisi di Sumatera Selatan yang penuh suasana Qurani. Progam ini layak mendapatkan salah satu penghargaan ASR,” sambung Anam.

“Program ini merupakan salah satu sarana sosialisasi dan menanamkan rasa cinta terhadap Al-Qur’an di kalangan anak milenial yang bergelut dalam berbagai bidang, termasuk di dunia kepolisian,” kata Anam. Ada segmen khusus untuk memaparkan kandungan Al-Qur’an. Juri ketiga yang khusus membahas tafsr dan kandungan Al-Qur’an memberikan wawasan Al-Qur’an kepada para peserta dan pemirsa.

“Program Qari’ Indonesia ini tidak hanya ajang pencarian bakat tapi penanaman pengetahuan mengenai kandungan AL-Qur’an dan ajaran Islam secara umum,” tambah Anam. “Rahasia Ilahi” di RTV, menurut Anam, bisa menjadi penyemangat anak-anak untuk bangun sahur dan menjalankan puasa Ramadhan.

Kompas TV, dalam catatan pemantau, Hidayati, memiliki delapan program Ramadhan: Merindu Baitullah, Risalah, Ramadan Kareem, Muslim Journey, Islam Araound the Word, Taste of Halal, Zakat Tumbuh Bermanfaat, Kurma dan Muslim Diary. “Program Merindu Baitullah mengangkat kisah inspiratif mereka yang berjuang untuk bisa menunaikan ibadah haji,” kata Hidayati. “Kompas TV tahun ini terasa jauh lebih Islami,” Elvi Hudhriyah, pemantau lain, menimpali.

Program positif tak hanya di lima TV di atas. Di Global TV, ada Voice of Ramadhan, proses pencarian penyanyi berbakat model Nissa Sabyan. Juga ada “Kampung Ramadhan”.

Di MNCTV, program Ramadan dikemas secara spesial dengan tema Meraih Berkah Cinta Ramadan. Beberapa program yang layak diapresiasi, diantaranya “Semesta Bertilawah” yang melibatkan para santri dengan kualitas bacaan Al-Quran yang bagus. Juga ada Salam Kilau Ramadan bersama grup gambus Sabyan sebagai upaya meneguhkan seni Islam modern. Selain itu, ada program untuk anak-anak pada sore hari Ngabuburit Bareng Upin-Ipin dengan episode baru jelang buka puasa. Beberapa tema yang diangkat adalah belajar tata cara shalat dan mengaji yang dapat memberikan dorongan bagi anak Indonesia belajar Al-Quran dan agama.

Di RCTI, di antara program positif adalah Hafiz Indonesia. “Pernah menghadirkan Naja, bocah berusia 9 tahun yang mengalami kelumpuhan otak, namun memiliki ingatan luar biasa dan menghafal 30 juz Al Quran,” tutur M. Fadhilah Zaein, pemantau RCTI.

“Program ini sangat menginspirasi penonton untuk lebih dekat dengan Al Quran dan mendorong umat untuk tidak putus asa atas kondisi apapun yang dialami.” Program lain di RCTI adalah sinetron “Aku Bukan Ustadz-Mendadak Sholeh” dan “Amanah Wali 3,” papar Fadhil.

Sementara beberapa program positif Ramdhan di Jak TV adalah Rindu Tanah Suci, Cerita Ramadhan, Mimbar Dakwah, VoA Muslim di Rantau, Risalah Ramadhan. Di ANTV ada “Tawakal” di INews ada film “Omar bin Khattab” dan program “Cahaya Hati Ramadhan”.

Di SCTV, dalam pantauan Rida Hesti Ratnasari, ada program bagus “Mutiara Hati Qurasih Shihab”, “Mengetuk Pintu Hati”, sinetron “Para Pencari Tuhan” dan “Merindu Baginda Nabi”. Di Indosiar, ada Akademi Sahur Indonesia (AKSI) dan Festival Ramadhan.

Semua program positif hasil pantauan, menurut Asrori S. Karni, Penanggung Jawab Tim Pemantau TV Ramadhan, “Kkami catat untuk dipertimbangkan mendapatkan Anugerah Syiar Ramadhan (ASR) 2019, yang diselenggarakan MUI, KPI, dan Kemenpora, pada akhir Juni 2019.” (asrori/thobib)



Leave a Reply

Waqaf Foundation: for Education & Society Development