Berita Duka – Adityawarman Thaha

Assalamualaikum wr wb.

انا لله وانا اليه راجعون

اللهم اغفرلها وارحمها وعافها واعف عنها واكرم نزلها ووسع مدخلها واغسلها بالماء والثلج والبرد ونقها من الخطايا كما ينقي الثوب الايبض من الدنس وابدلها دارا خيرا من دارها واهلا خير من اهلها وزوجا خبر زوجها  وادخلها الجنة واعذها من عذاب القبر وعذاب النار

Keluarga besar Perguruan Darul Funun El-Abbasiyah dan keluarga besar Syekh Abdullah menyampaikan telah meninggal dunia anggota keluarga kami Bapak Adityawarman Thaha, almarhum berkontribusi besar dalam perjuangan, dakwah pendidikan Islam dan juga pertahanan bela negara; baik dalam lingkungam Darul Funun, PII dan aktivitasnya sebagai anggota TNI Republik Indonesia.

Beliau adalah anak tokoh ulama Limapuluhkota dan Payakumbuh Buya Nasharuddin Thaha, perintis kitab Hukum Perkawinan Republik Indonesia yang sampai sekarang masih menjadi referensi di Nusantara. Ibu beliau adalah Sofiah Abbas, anak dari Syaikh Abbas Abdullah, yang menjadi saksi dibukanya kelas belajar untuk kaum perempuan pertama kali di dunia pendidikan Islam oleh Syaikh Abbas Abdullah bersamaan dengan dibukanya Diniyah Putri oleh murid Syaikh Abbas Abdullah, yakni Buya Zainuddin Labay El-Yunusiah bersama adiknya.

Masa pensiun beliau dimulai dengan berpartisipasi aktif membangun Perguruan Darul Funun El-Abbasiyah di Sumatera Barat, mengagas pembangunan kembali sekolah-sekolah Islam bersejarah di Sumatera Barat walaupun beliau harus sering pulang pergi dari tempat domisilinya di Jakarta.

Perjalanan hidup beliau penuh warna, hingga akhir hidupnya beliau masih konsisten berjuang menjadi penghubung masyarakat Islam dengan Republik, hingga beliau sempat ditahan karena perbedaan pandangan politik. Dalam kesempatan yang sama beliau dituduhkan dengan tuduhan yang berat, makar terhadap negara, yang kemudian tidak dapat dibuktikan secara hukum karena tudahan tersebut tidak memiliki bukti yang kuat dan mendasar.

Beliau meninggal pada tanggal 12 Juni 2019 pukul 23.40 di RSAD Gatot Subroto karena infeksi paru-paru, dan dimakamkan esok harinya dekat dengan saudara beliau Budiman Thaha di TPU Tanah Kusir.

Semoga Allah mengampuni kesalahan almarhum dan semoga almarhum husnul khatimah dan amal usahanya dapat diteruskan dan diberkahi Allah menjadi amal jariyah, biidznillah.

an. Yayasan Wakaf Darul Funun
Abdullah A Afifi



Leave a Reply

Waqaf Foundation: for Education & Society Development