Sambut Idul Adha, LPPOM MUI Latih Juru Sembelih Halal

BOGOR – Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika MUI bersama Halal Science Center IPB mengadakan pelatihan Juru Sembelih Halal guna menyambut Hari Raya Idul Adha 1440H di Kampus IPB Gunung Gede, Bogor, Minggu (04/08).

Kegiatan ini diikuti delapan puluh orang pengurus Dewan Kemakmuran Masjid se-Jabodetabek. Selama ini kerjasama LPPOM MUI dengan HSC IPB telah melakukan pelatihan dan sertifikasi profesi bagi 150 orang di DKI Jakarta.

Wakil Direktur LPPOM MUI, Oesmena Gunawan memaparkan, pelatihan ini merupakan bentuk kepedulian LPPOM MUI dan HSC demi terlaksanannya penyembelihan hewan yang aman, sehat, dan sesuai kaidah syariah.

“Ke depan diharapkan akan lebih banyak lagi juru sembelih yang memahami kaidah penyembelihan sesuai dengan kaidah Islam,” katanya.

Oesmena mengatakan, pelatihan seperti ini penting agar nantinya diperoleh kualitas daging kurban yang tidak berbahaya bagi konsumen. Kualitas daging yang dimaksud tentu saja harus halal, tidak kotor, tidak berbau, dan tidak busuk.

“Daging kurban membutuhkan penanganan yang higienis dan tepat untuk memastikan halal dan thayyib,” ujarnya.

Proses penyembelihan daging, imbuhnya, adalah proses paling penting dari tersajinya daging di meja makan. Proses ini juga menjadi faktor paling penting dalam menentukan apakah daging tersebut halal dan baik atau tidak.

“Penyembelihan hewan kurban menjadi salah satu faktor pemenuhan kriteria halal serta titik kritis dalam menghasilkan daging yang halal dan thayyib,” katanya.

Leboh lanjut ia menjabarkan, selama ini yang terjadi di lapangan banyak ditemukan panitia pemotongan hewan melakukan penyimpangan. Misalnya, dari proses penanganan hasil penyembelihan hingga proses distribusi daging qurban.

“Itulah mengapa LPPOM MUI sangat peduli terhadap proses penyembelihan. Ditambah lagi, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) LPPOM MUI sudah menjadikan juru sembelih sebagai salah satu profesi yang ke depannya akan menjadi andalan dalam aspek kehalalalan hewan,” ujarnya. (Azhar/Thobib)



Leave a Reply

Waqaf Foundation: for Education & Society Development