MUI Dorong Pemerintah Kedepankan Dialog di Papua

Masalah di Papua hingga saat ini belum diselesaikan dengan baik. Beberapa langkah penyelesaian telah dilakukan oleh pemerintah, diantaranya dengan memblokir dan mengurangi jaringan internet untuk meredam penyebaran hoax yang membahayakan keamanan, dan menambah jumlah aparat TNI dan Polri untuk menjaga rasa aman kepada masyarakat.

Wakil Ketua Umum MUI, Buya Zainut Tauhid Sa’adi mendorong pemerintah lebih mengedepankan dialog sosial budaya dengan masyarakat Papua. Menurutnya, dialog merupakan upaya mencari solusi yang arif dan komprehensif dalam menghadapi masalah yang sangat kompleks di Papua.

“Masalah Papua dan Papua Barat harus ditangani secara serius dan pemerintah diharapkan lebih mengedepankan dialog buadaya untuk mencari solusi yang komprehensif agar tidak menimbulkan ekses negatif yang lebih besar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara,” ungkapnya, Kamis (05/09) di Jakarta.

Dialog tersebut, kata dia, harus melibatkan unsur pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta tokoh adat, tokoh agama, maupun tokoh masyarakat di Papua. Melalui jalur ini, imbuhnya, akan muncul solusi-solusi yang bisa mewakili semua kelompok kepentingan di Papua.

“Masyarakat Papua berharap mendapatkan solusi yang adil, manusiawi, komprehensif, dan bermartabat,” katanya.

MUI, lanjut dia, juga mengapresiasi pemerintah mengirimkan tambahan tim keamanan dari kepolisian dan TNI untuk memulihkan kondisi di Papua secara lebih cepat, sekaligus memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat. Namun dia tetap meminta aparat keamanan bekerja secara profesional dan proporsional. Bagi yang melanggar aturan dengan melakukan aksi yang memicu kerusuhan perlu ditindak secara hukum karena tidak ada ruang bagi pelanggar hukum di negeri ini.

MUI juga beraharap pihak-pihak asing tidak berupaya memprovokasi masalah di Papua sehingga memanaskan situasi yang mulai kondusif. Kepada semua masyarakat, MUI juga menyuarakan hal yang sama.

“Kepada semua pihak diharapkan dapat membantu mendinginkan suasana agar masalah Papua dapat segera diatasi dan dicarikan solusinya dengan baik dan komprehensif. Kita semua adalah sebangsa dan setanah air. Mari kita jaga NKRI agar suasana kehidupan berbangsa kita semakin kondusif,” ungkapnya. (Azhar/Thobib)



Leave a Reply

Waqaf Foundation: for Education & Society Development