Lewat MUI, Axxa Mandiri Unit Syariah Salurkan Rp 876 Juta untuk Palu

JAKARTA – Perusahaan Asuransi Axxa Mandiri Unit Syariah menyerahkan dana sebesar 876 juta rupiah hasil surplus underwriting kepada majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk kemudian diserahkan kepada masyarakat Palu, Sulawesi Tengah. Penyerahan sebagian surplus underwriting ini merupakan amanah dari pemegang polis asuransi syariah untuk dana sosial.

Surplus underwriting merupakan selisih kontribusi peserta asuransi syariah ke dalam dana Tabarru yang dikurangi pembayaran santunan atau klaim kontribusi asuransi dan penyisihan teknis dalam satu periode tertentu.

“Kami bersyukur hingga saat ini masih dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui penyaluran sebagian dana surplus underwriting,” ungkap Chief of Sharia Axxa Mandiri, Srikandi Utami di Gedung MUI Pusat, Jakarta, Selasa (24/09).

Dia menjelaskan, Axxa Mandiri unit Syariah pada tahun ini menyalurkan 876 Juta surplus underwriting sebagai dana sosial kepada Baznas dan MUI. Dana ini ditujukan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui kerjasama tiga lembaga amil zakat yaitu Islaamic Dakwah Fund MUI, Dompet Dhuada, dan Mandiri Amal Insani.

Ketua Umum MUI, KH. Ma’ruf Amin dalam kesempatan itu menyampaikan terimakasihnya kepada Axxa Mandiri. Dana ini, ujarnya akan digunakan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan umat.

“Kami berterima kasih dan mendukung penuh upaya Axxa Mandiri unit Syariah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui penyaluran dana surplus underwriting ini, yang tentunya akan dipergunakan dengan sebaik-baiknya demi kemaslhatan umat,” ungkapnya.

Dia mengatakan, MUI dalam pengelolaan dana ini sifatnya hanya sebagai perantara saja sehingga tidak ada satupun yang akan masuk ke organisasi. MUI berencana mengirimkan dana tersebut untuk kebutuhan primer seperti makanan dan minuman bagi yang membutuhkan di gempa Palu. Sesuai fungsinya, dana sosial tersebut memang digunakan untuk pemberdayaan umat terutama ketika terjadi musibah.

“MUI sifatnya perantara saja. Kita ini menerima, lalu dikasih lagi ke yang membutuhkan, kita berusaha, baik sifatnya kebutuhan primer, kebutuhan makanan dan minuman, selimut dan juga dalam peristiwa di Palu diperlukan membangun rumah bagi masyarakat yang terkena gempa,” ujarnya.

Axxa Mandiri unit Syariah sendiri telah rutin menyerahkan surplus underwriting sejak tahun 2012. Biasanya Axxa Mandiri Unit Syariah menyerahkan bantuan ini melalui Baznas. Program ini memberikan dampak positif pada pemenuhan kebutuhan pokok maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam bidang pendidikan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan, dan kemanusiaan. (Azhar/Anam)



Leave a Reply

Waqaf Foundation: for Education & Society Development