Taiwan Serahkan Dana Tambahan Pembangunan Islamic Center Palu Rp 5 M

JAKARTA— Pemerintah Taiwan memberikan bantuan dana lanjutan sebesar Rp 5 miliar untuk kemanusian dan pembangunan Markazul Islam (Islamic Center) di Palu, Sulawesi Tengah melalui Majelis Ulama Indonesia Pusat. Pemberian donasi itu secara resmi dilaksanakan di Aula Lantai 4, Kantor MUI Pusat, Menteng Jakarta, Selasa (19/11).

Ketua Umum MUI Pusat, KH Ma’ruf Amin, mengatakan donasi ini adalah donasi kedua yang disalurkan Pemerintah Taiwan. Sebelumnya, pemerintah Taiwan telah memberikan bantuan donasi sebanyak 500 ribu dolar Amerika atau senilai Rp 7,5 miliar kepada MUI untuk disalurkan kepada Palu pada saat peletakan batu pertama Markazul Islam Palu.

“Saya ingin menyampaikan terimakasih kepada delegasi Taiwan yang dalam hal ini dipimpin Mr John Chen yang hari ini menyerahkan bantuan untuk kemanusiaan dan pembangunan Islamic Center di Palu, tambahan sebesar Rp 5 miliar kurang lebih,” katanya.

Kia Ma’ruf yang juga Wakil Presiden RI ini menyampaikan, Taiwan total sudah memberikan bantuan senilai Rp 12 miliar. Pada awalnya, saat tahap peletakan batu pertama pembangunan Markazul Islam di Palu, Kiai Ma’ruf sempat mengajukan tambahan dana Rp 5 miliar.

Hal ini mengingat pembangunan Markazul Islam membutuhkan dana Rp 12 miliar. Pemerintah Taiwan secara resmi mengabulkan permintaan itu dan memberikan tambahan donasi Rp 5 m.

Kepala Taipei Economic and Trade Office (TETO) in Indonesia, John C Chen, berharap Islamic Centre ini nantinya akan menghidupkan kembali perekonomian dan aktivitas sosial masyarakat di Palu yang lumpuh akibat bencana tahun lalu.

“Kami juga percaya dengan dibangunnya Islamic Centre di palu akan dapat membantu masyarakat sekitar baik itu yang beragama Muslim atau tidak, membantu kehidupan mereka menjadi lebih baik kembali,” katanya sembari berdoa supaya pembangunan Islamic Centre bisa selesai dengan tepat waktunya daa hubungan masyarakat Indonesia dan Taiwan bisa berkembang ke arah yang lebih baik ke depannya. (Azhar/ Nashih)



Leave a Reply

Waqaf Foundation: for Education & Society Development