MUI Ajak Umat Islam Ringankan Beban Korban Banjir

JAKARTA— Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Buya Anwar Abbas, mengajak umat Islam dan masyarakat turut meringankan beban korban banjir di beberapa daerah.

“Kepada masyarakat diimbau untuk bisa mengulurkan tangan serta membantu saudara-saudara kita yang sedang mengalami kesulitan agar beban material dan kejiwaan yang mereka pikul menjadi lebih ringan,” kata Buya Anwar kepada wartawan di Jakarta, Kamis (2/1).

Kepada masyarakat luas, dia mengimbau setiap pihak jangan saling menggugat dan atau menyalahkan karena persoalan banjir sangat kompleks dan membutuhkan kerja sama serta pendekatan yang holistik.

Oleh karena itu, dia meminta Pemerintah Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, dan pemerintah pusat untuk bisa duduk bersama mencari solusi yang lebih baik untuk penanganan banjir.

Menurut Ketua PP Muhammadiyah itu, banjir tahun ini tergolong dahsyat sehingga mendatangkan kerugian yang cukup besar.

MUI, kata dia, mengimbau masyarakat yang ditimpa musibah tetap tabah dan sabar dalam menghadapi ujian. “Mudah-mudahan dengan demikian Allah SWT akan mengganti semua kerugian yang didapat dengan yang lebih baik lagi,” katanya. (Antara/ Nashih)



Leave a Reply

Waqaf Foundation: for Education & Society Development