Kiai Ma’ruf: Prof Yunahar Orang Baik yang Memiliki Visi Konstruktif

JAKARTA — Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin mengenang sosok Almarhum Prof Yunahar Ilyas sebagai orang yang baik dan memiliki visi konstruktif. Hal itu dikatanya di Kantor Sekretariat Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (03/01).

“Menurut saya, beliau orang baik, punya visi yang positif, konstruktif dalam membangun kemaslahatan umat,” katanya.

Kiai Ma’ruf tidak menyangka Prof Yunahar akan kembali ke haribaan Allah SWT secepat ini. Pasalnya pada pertemuan terakhirnya dengan Prof Yun di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta awal November lalu, Prof Yun masih terlihat bersemangat dan bercerita akan menjalani operasi ginjal.

“Beliau menceritakan bahwa beliau akan mengalami operasi dan beliau masih semangat waktu itu saya tidak menduga bahwa ternyata telah berlanjut, ternyata tidak dipanjangkan umurnya,” terangnya.

Kiai Ma’ruf dalam kesempatan itu juga menceritakan kenangan kedekatannya dengan Prof Yun terutama dalam hubungan ketua umum dan Wakil ketua umum MUI. Dia mengatakan bahwa banyak kesamaan antara dirinya dengan Prof Yun.

“Banyak sekali kenangan saya dengan beliau karena beliau wakil ketua umum dan saya sebagai ketua umum,” katanya.

“Kita banyak kesamaan pandangan terutama dalam membina umat bagaimana mengawal bangsa dan negara supaya tetap utuh bagaimana menyatukan umat bagaimana memberdayakan umat itu kita bareng lah punya kesamaan pandangan,” imbuhnya.

Kiai Ma’ruf berdoa semoga dengan amal ibadah yang telah dilakukan Prof Yun semasa hidupnya, Allah SWT menempatkannya di tempat terbaik.

“Semoga beliau diterima amal ibadahnya dimaafkan segala kesalahannya diberikan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT,” ujarnya. (Azhar/Din)



Leave a Reply

Waqaf Foundation: for Education & Society Development