ARBI-Dompet Dhuafa Pasang Bilik Sterilisasi di Kantor MUI

JAKARTA – Arus Baru Indonesia dan Dompet Dhuafa siang ini melakukan pemasangan bilik sterilisasi di Gedung MUI Pusat, Jakarta, Selasa (24/03).

Ketua MUI Bidang Ekonomi, Lukmanul Hakim, mengatakan bilik ini merupakan bentuk antisipasi penularan virus Corona yang kini mewabah di Indonesia dan khususnya di Jakarta.
Dia mengajak ulama, ustaz, tokoh masyarakat, dan masyarakat umum memiliki kepedulian untuk melindungi diri dan menghindari penyebaran virus Covid-19.


Lukmanul mengingatkan masyarakat, bila tidak ada keperluan mendesak, untuk tetap berada di rumah mengikuti anjuran pemerintah.

“Bila terpaksa dan mendesak harus keluar rumah, ikuti protokol yang ditetapkan pemerintah dan bersihkan diri dengan disinfektan, salah satunya melalui bilik sterilisasi,” katanya usai mencoba langsung bilik sterilisasi.

Dalam kesempatan yang sama, Chief Communication Officer Dompet Dhuafa, Guntur Subagja, mengungkapkan pemasangan bilik sterilisasi ini adalah wujud perhatian Dompet Dhuafa terhadap masyarakat untuk mengantisipasi merebaknya Covid-19.

Selain sudah melakukan penyemprotan di tempat umum seperti rumah ibadah, sekolah maupun ruang publik lainnya, Dompet Dhuafa, kata dia, juga sedang memasang bilik-bilik sterilisasi di berbagai tempat layanan publik serta area publik.

Saat ini, Dompet Dhuafa menargetkan menyediakan 1.000 bilik sterilisasi. “Kami mengajak masyarakat berpartisipasi untuk menyediakan 1.000 bilik sterilisasi, bilik-bilik itu akan dipasang antara lain di bandara, stasiun, terminal, rumah sakit, dan sarana publik lainnya,” katanya.


Dia menjelaskan, 1.000 bilik ini nantinya akan ditempatkan di beberapa tempat di Jabodetabek karena penyebaran Covid yang paling parah ada di sini. Di luar Jabodetabek, Dompet Dhuafa melakukan penyemprotan di berbagai fasilitas umum di kota-kota besar Indonesia.

Dia menambahkan, bilik hasil inovasi tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa ini berbentuk kotak dengan sisi-sisinya berupa plastik mika tebal. Orang yang akan masuk ke fasilitas umum harus melalui bilik tersebut terlebih dahulu, sehingga seluruh anggota badannya bisa steril dari kuman, bakteri, maupun virus.

General Manager Resource and Mobilization Dompet Dhuafa, Doni Marlan, menyampaikan komposisi cairan yang disemprotkan dalam bilik ini juga berbeda dengan kandungan disinfektan untuk fasilitas-fasilitas publik. Bilik ini merupakan inovasi dan inisiasi tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa.

“Kalau yang ini kandungannya seperti yang digunakan untuk hand sanitizer, sehingga dijamin aman untuk publik,”ujarnya. (Azhar/Nashih)



Leave a Reply

Waqaf Foundation: for Education & Society Development