Bangkit Lahirkan Para Ulama

Limapuluh Kota (Sumbar), BAKINNews—Perguruan Agama Islam Darul Funun El-Abasyiyah Padang Japang Kabupaten Limapuluh Kota, sangat diharapkan bangkit melahirkan para ulama dan kembali mengukir sejarah dalam dunia pendidikan Islam.

Bangkitnya Lembaga Pendidikan Darul Funun itu bukan hanya harapan dari masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota, tapi seluruh umat Islam yang berada di Sumatera Barat dan bahkan tingkat nasional.

“Kebangkitan Darul Funun, memang ditunggu-tunggu masyarakat banyak. Ini yang sedang diupayakan oleh tokoh masyarakat dan kementerian agama,” kata Gusman Piliang Kepala kantor Kementerian Agama Kabupatern Limapuluh Kota, Rabu (11/8) di ruangan kerjanya.

Kepala Kantor kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota diminta tanggapannya sehubungan adanya dugaan perguruan agama Islam Darul Funun telah mati suri. Hanya tinggal nama bersamaan dengan dua tokoh pendirinya Syekh Mustafa Abdullah dan Syekh Abbas Abdullah.

Dua saudara ini tidak hanya terkenal sebagai ulama yang memiliki banyak jamaah. Tapi juga kesohor karena mendirikan perguruan Darul Funun El-Abbasiyah di Padang Japang.
Menurut Gusman Piliang aktifitas pendidikan masih jalan, proses belajar dan mengajar berjalan dengan baik, namun belum seperti yang dulu lagi.”Ini yang kita bina sekarang.”

Sebagai kelanjut pembinaan tersebut, kata Gusman, Kepala Kantor kementerian Agama Sumatera, Darwas telah melakukan pembinaan pada seluruh penyelenggara lembaga pendidikan tersebut, Jumat (6/8) dalam kunjungan kerja.

Untuk menunjang kelancaran pendidikan tersebut, kementerian agama Provinsi Sumatera Barat akan membantu bangunan gedung perpustakaan untuk Darul Funun dan MTI Tabek Gadang. BIN 763



Leave a Reply

Waqaf Foundation: for Education & Society Development