Donation

Infaq 151201

Darul Funun El-Abbasiyah diawali oleh Syekh Abdullah pada tahun 1875 di sebuah surau tepi tabek yang sekarang berdiri Masjid Raya Padang Japang, dan kemudian dikarenakan bertambahnya jumlah murid dan berubah sistem halaqah di surau dengan dipadukan sistem klasikal di kelas, proses belajar mengajar juga bertambah di tanah waqaf suku-suku yang ada di Padang Japang yang saat ini berdiri area asrama untuk siswa.

Saat ini aktifitas belajar dan mengajar juga sudah diperluas di area puncak bakuang yang sekarang berdiri gedung belajar utama perguruan.

Dari masa ke masa, Darul Funun El-Abbasiyah ada dan berkembang dengan harta ZISWAF (Zakat Infaq Shadaqah dan Waqaf), baik dari suku-suku di Padang Japang, murid-murid yang belajar, guru-guru yang mengajar, dan hamba-hamba shalih yang bersedekah dengan niat ikhlas mengharap ridha Allah, semoga mereka semua diberi ganjaran Shadaqah Jariyah, dan Ilmu-ilmu yang bermanfaat yang diteruskan oleh murid-murid Darul Funun.

Pada masa PDRI, Darul Funun adalah basis perjuangan terakhir, dimana keseluruhan murid Darul Funun dan murid-murid thawalib dari berbagai daerah berpartisipasi menjadi barisan-barisan tempur garis depan untuk memperjuangkan republik dan mengawal Bapak Syafruddin Prawiranegara, yang pada saat itu adalah Presiden PDRI.

Sejenak tenggelam, hingga kini Darul Funun El-Abbasiyah mencoba dibangkitkan kembali dengan niat ikhlas mengharap ridha Allah, dengan semangat berpartisipasi dalam pengembangan masyarakat dan mengedukasi generasi muda harapan bangsa, dengan cara yang sama yakni pengelolaan dan pengoptimalan ZISWAF.

Pada tahun 2014, DFA mengalami peningkatan siswa berjumlah 180 orang, 80% lebih tinggi dari 2013, untuk mengantisipasi peningkatan siswa tersebut pada pertengahan tahun 2014 dimulai membuat sekolah darurat untuk menampung penambahan jumlah siswa tersebut.

Pada tahun 2014 pula, sumbangan dari Kementerian Perumahan Rakyat untuk pembangunan Rusunawa untuk siswa sudah diselesaikan, dan pada tahun 2015 ini Rusunawa akan mulai dipergunakan.

Kedepan, dengan melanjutkan visi Syekh Abbas Abdullah & Syekh Mustafa Abdullah, Darul Funun mengajak hamba-hamba shalih sekalian untuk bershadaqah jariyah dalam ladang amal usaha ini.

Jazakallah khair, semoga Allah memberkahi amal usaha kita ini.

Mei 2015, ao

———-

Untuk tampilan form yang lebih nyaman: http://bit.ly/donaturDFA

Untuk tampilan yang lebih nyaman: http://bit.ly/donaturDFA

—-

Dana ZISWAF bisa disalurkan ke rekening-rekening berikut ini:

INDONESIA

Rekening Utama: (Yayasan)
an. Afifi Fauzi Abbas
Bank Syariah Mandiri
No. Rekening 7000506979

(alternatif 1)
an. Abdullah Arifianto
CIMBNIAGA Syariah
No. Rekening 5280114 292110

(alternatif 2)
an. Evan Azami
BNI Syariah
No Rekening 383 228361

MALAYSIA

an. Nor Anisa Arifin
No.Acc. 7000102634
CIMB BANK

INGGRIS & EU

an. Abdullah Arifianto
Lloyds Bank
Sort Code: 77-85-21
Acc No: 46343760
IBAN: GB42LOYD77852146343760
BIC: LOYDGB21L51

KONTAK LAINNYA

  • Keluarga Besar Syekh Abdullah
    Pak Masman Mazni / Ibu Aminah Fauzi
  • Nahdatun Nisaiyah & Panti Asuhan Al-Falah
    Ibu Arifah Thaha / Ibu Athifah Thaha

Waqaf Foundation: for Education & Society Development