Tentang Kami

Bismillah,

Pada tahun 1919 sekembalinya Syekh Abbas Abdullah dari timur tengah, Surau Gadang Padang Japang menerbitkan majalah AL-IMAM, majalah ini masih terpengaruh oleh majalah Al-Imam yang diterbitkan oleh Syekh Jalaludin Al-Azhari di Singapura*.

Pada awal berdirinya Al-IMAM memiliki misi mencerdaskan masyarakat, terang-terangan menyiarkan dan mempopulerkan ajaran-ajaran islam berdasarkan pemikiran modern, memurnikan Islam dengan membasmi khurafat dan takhayul*.

Setelah beberapa waktu sempat digagas kembali, dicetak terbatas untuk internal perguruan, hingga saat ini, pada tahun 2015 AL-IMAM digagas kembali dengan nama AKHBAR AL-IMAM, yang tampil online, dengan misi mencerdaskan masyarakat dengan memberikan informasi mengenai ajaran Islam, perkembangan sains dan teknologi, dan perkembangan peradaban untuk mendukung visi dan misi Darul Funun El-Abbasiyah.

Kami mengundang Tuan-Tuan untuk berkontribusi syair maupun syiar dalam media ini, tulisan dapat dikirimkan ke alamat surel abe.omar@darulfunun.or.id. Jazakallah khair katsiran.

Semoga ini menjadi ladang amal bagi kita semua. Barakallahu Fiik…

 

Sumber:

* Gerakan Pembaharuan Pemikiran Islam, Burhanuddin Daya, 1990

Majalah dari Sebuah Jorong, Fachrul Rasyid HF, 2013

 

 

Leave a Reply

Waqaf Foundation: for Education & Society Development