Kesempatan Studi Universitas Al-Azhar Mesir

Kabar baik bagi pencinta Al-Azhar telah diterbitkan. Informasi sudah didapatkan, dan pertanyaan-pertanyaan mulai muncul di kepala, salah satunya tahapan-tahapan yang harus dilalui hingga kaki benar-benar berdiri di Universitas Al-Azhar Mesir. Tahapan ini perlu untuk dipahami dan dicermati agar tidak salah arah dan langkah dalam menjalani proses demi proses ke Universitas Islam tertua tersebut. Berikut tahapannya secara berurutan:

Cek berkas & update tahapan seleksi:
http://maba.waag-azhar.or.id/index.php

  1. Daftar Seleksi. Masing-masing peserta seleksi harus mendaftarkan diri secara online melalui laman website ini atau Diktis.kemenag.go.id tanpa diwakilkan. Jangan Lupa untuk mencetak kartu peserta. Masa perndaftaran online ini dibuka dari tanggal 7 Mei sampai dengan 15 Mei 2016. Setelah tanggal tersebut secara otomatis formulir online tertutup
  2. Menyerahkan Berkas Seleksi. Peserta wajib menyerahkan berkas yang dibutuhkan yaitu: Kartu Peserta, Fotokopi Ijazah atau surat keterangan lulus, dan Pas Foto 3×4 2 lembar. Jangan lupa untuk membawa kartu identitas, boleh KTP, kartu santri, kartu pelajar, dan SIM. penyerahan dilakukan pada tanggal 16 s.d. 18 Mei 2016 (Ralat)
  3. Mengikuti Seleksi. Masing-masing peserta wajib mengikuti seleksi dan tidak dapat diwakilkan oleh siapapun. Seleksi dilaksananakan tanggal 19 Mei 2016 di sembilan kampus Islam terkemuka di Indonesia. Tidak ada seleksi susulan.
  4. Lulus Seleksi. Untuk mengikuti tahapan selanjutnya, masing-masing Calon mahasiswa baru Al-Azhar harus lulus seleksi tanpa terkecuali apakah itu program beasiswa maupun program non Beasiswa atau lazim disebut program Mandiri. Hasil seleksi sendiri akan diumumkan pada tanggal 30 Mei 2016.
  5. Menyiapkan Berkas Pendaftaran Universitas. Setelah dinyatakan lulus, masing-masing peserta sesegera mungkin menyiapkan berkas yang wajib diserahkan. Berkas-berkas yang dimaksud “ lihat menu Pemberkasan” adalah: Paspor Asli, Akta Asli, Fotokopi Ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir, Pasphoto 4×6 20 lembar, dan lain-lain.
  6. Pendaftaran Pemberkasan. Bagi peserta yang lulus seleksi diharuskan mendaftarkan pemberkasan secara online pada laman ini, yaitu pada menu “Formulir Pemberkasan”. Data yang dimasukan adalah data terperinci yang tidak boleh keliru seperti pilihan jurusan fakultas di Al-Azhar, dan data-data yang sifatnya individual lainnya. Formulir tidak perlu dicetak. Pendaftaran dapat dilakukan dari tanggal 1 s.d. 15 Juni 2016, dan telah (Diperpanjang hingga 23 Juni 2016).
  7. Penyerahan Berkas dan Administrasi. Masing-masing peserta menyerahkan berkas dan administrasi pendaftaran ke Kantor IAAI Indonesia baik secara langsung maupun melalui jasa pengiriman kilat JNE atau TIKI. Penyerahan bisa dilakukan sendiri-sendiri maupun secara kelompok. Bagi kelompok harus datang langsung tidak boleh dikirimkan. Penyerahan berkas ini dijadwalkan tanggal 16 s.d. 25 Juni 2016 dan masih dapat berubah.
  8. Pengambilan Visa. Paspor yang telah mendapatkan visa pelajar dapat diambil langsung di kantor IAAI Indonesia. Jadwal pengambilan Visa disesuaikan dengan jadwal Kedutaan Mesir di Jakarta.
  9. Calon mahasiswa yang telah mengurus peberkasan, administrasi dan visa nya akan segera diberangkatkan mulai minggu kedua bulan Agustus hingga akhir Agustus 2016 dengan maskapai Egypt Air.
  10. Mengikuti seleksi Tahdid Mustawa di Markaz Lughah. Calon mahasiswa yang telah sampai di Cairo akan mengikuti seleksi tahdid mustawa yang jadwalnya masih dalam pembicaraan.
  11. Tahapan Akhir. Selamat anda telah menjadi Al-Azhary. Pada tahap ini anda merupakan agen dan duta Indonesia di tanah Mesir yang mempunyai tugas untuk belajar dan mengukir prestasi. Setelah lulus nantinya, anda akan kembali ke Indonesia dan menjadi duta Al-Azhar yang mengedepankan sikap moderasi Islam.


Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia